Fitur Tersembunyi Mozilla Firefox Terbaru

Fitur Tersembunyi Mozilla Firefox TerbaruKOMPUTER ANDROID - Beberapa hari lalu, browser gratis open-source Mozilla Firefox 15 baru saja dirilis. Aplikasi peramban web terbaru ini menghadirkan beberapa fitur baru dan tentunya juga peningkatan dan perbaikan. Di antaranya adalah peningkatan performa dan kecepatan dengan optimalisasi memori terutama pada add-on atau extension, sehingga Firefox jadi terasa lebih ringan saat digunakan. Selain itu juga beberapa fitur, peningkatan, dan perbaikan lainnya.

Namun, selain fitur utama yang dihadirkan, Mozilla Firefox 15 juga menghadirkan beberapa fitur baru yang tersembunyi yang cukup berguna sebagai tool utility tambahan sehingga lebih praktis untuk membantu kita saat menjelajah konten web. Fitur tersembunyi Firefox terbaru ini secara default belum diaktifkan, dan untuk menggunakannya kita perlu sedikit tips/trik tersendiri dengan memanfaatkan tool konfigurasi tersembunyi di Firefox yaitu dengan mengakses halaman “about:config“.

Sebagai catatan, konfigurasi melalui halaman “about:config” tidak disarankan untuk digunakan oleh pengguna umum, karena apabila kita tidak mengetahui pasti kegunaan dan setting yang ada dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja Firefox. Oleh karena itulah ketika kita mengakses halaman “about:config” ini akan muncul peringatan untuk berhati-hati.

Berikut ini adalah 3 fitur tersembunyi di Firefox yang cukup keren dan berguna, namun kita harus mengaktifkannya secara manual melalui halamn “about:config”.

1. Firefox sebagai PDF Viewer


Browser Mozilla Firefox selain untuk menjelajah halaman web (HTML), kini juga bisa digunakan untuk menampilkan file berformat .pdf yang tersedia online di internet secara langsung di dalam browser (build-in PDF viewer) tanpa plugin tambahan. Jadi misalkan kita mendapatkan link file .pdf di internet, kita bisa langsung membukanya di Firefox tanpa kita perlu mendownloadnya terlebih dulu lalu membukanya di aplikasi tersendiri.


Fitur Tersembunyi Mozilla Firefox Terbaru


Untuk mengaktifkan PDF Viewer di Firefox, masuk ke alamat “about:config“, lalu carilah setting bernama “pdfjs.disabled“, lalu set menjadi “false” dengan cara double-click setting ini.

Secara default, fitur PDF viewer di Firefox ini hanya bisa digunakan untuk file pdf online yang ada di internet (direct link file PDF), jadi kita tidak bisa membuka file .pdf yang ada di hard disk lokal. Namun bila kita mau, kita bahkan bisa juga membuat Firefox agar bisa menampilkan file .pdf yang ada di hard disk (offline), yaitu dengan cara menset memalalui Firefox Options/Preferences. Untuk itu buka Firefox Preferences, lalu ke bagian Applications, lalu cari setting untuk Portable Document Format (PDF), lalu pilih opsi “Preview in Firefox”, seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:

Fitur Tersembunyi Mozilla Firefox Terbaru

*

2. Menampilkan Options pada Tab (in-content)

Secara default, seperti terlihat pada screenshot sebelumnya, Firefox Options/Preferences akan ditampilkan pada jendela baru. Namun kita bisa mengubahnya agar Firefox menampilkan Options langsung pada tab di dalam jendela Firefox yang sedang aktif (tanpa jendela/window tambahan).


Fitur Tersembunyi Mozilla Firefox Terbaru


Untuk menampilkan Options pada tab (in-content), masuk ke alamat “about:config“, lalu carilah setting bernama “browser.preferences.InContent“, lalu set menjadi “true” dengan cara double-click setting ini.

Semoga berguna.

No comments