7 Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7


7 Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7KOMPUTER ANDROID | KOMPANDRO - Gara-gara XP sudah dihentikan cerita update mengupdate-nya oleh microsoft pada awal april 2014, berimbas pada lubang keamanan yang jadi celah para hackers. Dan terpaksa yang tadinya pakai XP diganti dengan Windows 7 yang akibatnya komputer jadi lemot karena spek komputer kurang memadai. Namun, perlu dicoba dulu 7 Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7 berikut ini, dan rasakan pertambahan kecepatan yang signifikan.

Windows aero dan komponen tablet pc adalah 2 aplikasi yang ditambahkan di Windows 7. Para pemakai windows 7 yang spesifikasi komputernya masih minim perlu membunuh fungsi-fungsi tersebut supaya Windows 7 bisa berjalan cepat.

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7

OK, lebih lengkap, berikut beberapa tips Mempercepat Kinerja Komputer untuk siapa saja yang menggunakan Windows 7. Tips ini akan membantu komputer Anda dari lemot yang jika tidak diselesaikan akan tetap mengganggu pekerjaan Anda.

1. Pasang Antivirus Terupdate

Penting! Bukan hanya mempercepat komputer anda, dengan memasang antivirus yang terupdate akan membuat data kita aman.
Gunakan antivirus yang handal namun gratisan misalnya Avast free antivirus dan smadav. Pilihan antivirus berbayar menjadi wajib bagi pebisnis online dan programer IT.

2. Update Windows 7

Pada dasarnya update windows untuk melengkapi fitur-fitur yang kurang dan menambah beberapa aplikasi yang kinerjanya kurang optimal. Disisi lain terkadang juga menambahkan beberapa file driver, supaya device hardware yang bermasalah menjadi terdeteksi.
Ini pernah saya alami ketika menginstall pada laptop AXIOO PICO DJH. Ya, pertama mengganti XP dengan windows 7, pada laptop ini device manager terlihat kurang menyenangkan, beberapa driver menjadi “unknown”. Setelah melakukan update windows, semua driver unknown akhirnya terdeteksi dengan baik.

Klik “start menu” ketikkan dikolom search “windows update”. Lakukan update dan sabar menunggu, proses agak lama.

3. Gunakan Best Performance

Kinerja yang bagus dan optimal sangat bertentangan dengan tampilan yang membutuhkan banyak space dan memori. Jika ingin kerja komputer lebih cepat maka tampilan harus sedikit di korbankan.
Klik start menu, tulis di kotak search “performance of windows”, setelah ketemu klik “visual effects” ubah ke “best performance”.

Lalu lakukan kustomisasi apa saja yang ingin dicentang, seperti gambar berikut;

7 Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7

4. Bunuh Fungsi AERO Glass

Ketika membuka windows explorer, browser dan jendela lainnya, akan tampak transparan, ini disebut AERO glass. Bunuh fungsi ini untuk mendapatkan kinerja komputer yang lebih cepat.
Klik “start menu” ketikkan di kolom search “personalization” kemudian pilih “window color” dan uncentang bagian “enable transparency”. Jika tidak ada tampilan dan menu pilihan “enable transparency” , berarti fungsi aero glass sudah dimatikan.

5. Uninstall Program yang tidak perlu

Pertama, kita musti buang beberapa fitur windows yang tidak dipakai bagi pemakai desktop dan laptop. Misalnya “tablet PC component”. Ada gadget platform yang biasanya ditampilkan di sisi sidebar desktop, matikan juga fungsi ini agar kinerja windows 7 lebih ringan.
Klik “start menu” ketikkan di kolom search “windows features on or off” dan matikan beberapa fitur yang tidak dipakai.

6. Disk Clean Up

Banyak file yang sebenarnya tidak perlu dipertahankan karena hanya temporary files dan file sampah. Memenuhi disk, membuat lambat dan bikin pusing kepala.
Klik “start menu” ketikkan di kolom search “disk cleanup”. Tunggu beberapa saat, kemudian klik “clean up system file” tunggu proses sabar ya mas mbak.

Setelah selesai, berikutnya Kedua, klik OK untuk membersihkan temporary file nya. Oh, ya jangan lupa centang recycle bin, itu kan tempat sampah, musti dibersihkan.

7. Defragment Hard Disk

Seperti seseorang yang membaca buku diperpustakaan dan tidak mengembalikan pada tempatnya. Sama ketika anda membuka program aplikasi lalu menutupnya. File tersebut berserakan dan tidak tertata rapi seperti sedia kala. Untuk itu perlu dilakukan defragment disk secara berkala. Sebulan sekali menjadi rutinitas anda. Pemakaian yang “ngedur” tentunya butuh defrag yang lebih pendek jangka waktunya menjadi mingguan.

Klik “start menu” ketikkan di kolom search “defragmenter” lalu klik. Defrag semua disk dan setelah itu atur bagian scheduled supaya anda tidak lupa.

Itulah beberapa Tips Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7. Solusi aman dan tampilan tetap ciamik. Silahkan dicoba dan rasakan bedanya.

Semoga Bermanfaat.

No comments