Cara membuat blog lebih profesional (Kriteria SEO)

Cara membuat blog lebih profesional (Kriteria SEO) 

Cara membuat blog lebih profesional (Kriteria SEO)KOMPUTER ANDROID - Membuat blog menjadi sangat profesional dimata pengunjung adalah impian para blogger dan admin web. Tapi perlu anda ingat bahwa membuat blog menjadi profesional bukan membuat blog semakin indah tapi semakin berat pula loading blog tersebut. Blog yang profesional adalah blog yang membuat pengunjung menjadi semakin nyaman dalam membaca artikel atau tulisan pada blog. Blog anda semakin kelihatan rapi, semakin bertahan pula pengunjung untuk tinggal dihalaman blog anda.

Pada tulisan saya ini, maaf kata bila saya mengkritik blog anda atau blog anda termasuk blog yang kurang profesional didalamnya. Tapi disini saya menulis sebagai pembaca atau pengunjung blog. Logikanya begini, saat saya mengunjungi blog anda, blog anda menurut anda cantik dengan lengkapnya berbagai pernak-pernik web dan blog namun karena loading blog anda terlalu ramai sehingga saya jadi males untuk melanjutkan. Tentu blog anda akan saya tinggalkan dan tidak akan berkunjung lagi. Begitu pula dengan blog anda yang tata letak konten didalamnya tidak teratur sehingga mata pengunjung sakit, kan kasihan pengunjungnya. Nah, begitu banyak sebenarnya kritikan dari pengunjung soal menentukan blog yang baik.

Nah, sekarang bagaimana agar blog kita kelihatan profesional?? Mari, disinilah kita kupas tuntas agar pengunjung menyukai blog kita.
  • Pilihlah domain yang bagus. Tak perlu pelit untuk menyewa domain, namun bila keuangan belum memungkinkan carilah domain yang sangat berkaitan dengan isi konten blog didalamnya.
  • Pilihlah warna yang sesuai. Ibaratnya bila kita memakai pakaian, tentu memilih pasangan pakaian seperti dasi yang serasi dengan warna baju. Sehingga enak dipandang.
  • Hindari pernak pernik yang tidak terlalu dibutuhkan pengunjung dan blog anda. Contohnya : Kalender, Jam, dll. Selain memperlambat loading blog juga membuat blog terlalu banyak aksesoris sehingga merusak penampilan blog. Ibaratnya bila seseorang memakai perhiasan terlalu banyak menjadi norak. Betul nggak??
  • Bila blog anda berbisnis publisher periklanan, tempatkan iklan anda dengan rapi, jangan biarkan berserakan bagai kapal pecah.
  • Hindari memelas/ atau memaksa pengunjung agar mengklik iklan yang anda publish, siapapun pasti jengkel dengan cara begitu
  • Tampilkan widget yang sangat membantu pengunjung menelusuri blog anda. Contohnya, Daftar isi blog, form pencarian artikel, artikel populer agar pengunjung lebih mudah mencari yang mereka inginkan, dll.
  • Pilihlah judul artikel yang sesuai dengan isi konten artikel tersebut.
  • Sesuaikan thema blog dengan isi pada blog termasuk pemilihan tag, Deskripsi blog dll. Ini sering terjadi, saat saya mencari blog, isi konten tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Contohnya saya mencari blog mengenai berita, tapi konten didalamnya malah iklan bisnis semua. Membuat pengunjung jengkel bukan??
  • Hindari terlalu banyak copy paste artikel dari blog lain. bila blog anda berisi artikel dari blog lain apalagi dari satu blog lain tentu pengunjung lebih memilih sumbernya karena lebih lengkap dan lebih terupdate. Betul nggak?
  • Hargailah hasil karya orang lain. Begitu pula dengan anda tentu ingin karyanya dihargai. sisipkanlah link sumber bila anda mengcopy artikel orang lain.
  • Hindari memasang atau memanipulasi jumlah pengunjung tetap. Mengapa?? Apabila blog anda masih sangat baru, namun anda sudah menetapkan jumlah pengunjungnya telah mencapai seribu lebih pengunjung, tentu membuat orang atau pengunjung menjadi bingung. Ini akan menjadi penilaian buruk bagi dari pengunjung.
  • Perikasa deadlink. Ingat untuk selalu mencek tautan yang anda sisipkan diblog anda. Contohnya, memasang link download, periksa apakah url link tersebut masih berfungsi atau tidak. Jangankan pengunjung, search engine seperti google saja tidak menyukai blog yang memiliki banyak tautan yang tidak berfungsi.
  • Perhatikan penulisan artikel anda. Gunakanlah bahasa yang baik, jangan menggunakan penulisan yang susah dimengerti pembaca. Ingat tanda baca pada penulisan.
  • Fungsikan ukuran gambar yang sesuai.
  • Responlah komentar pengunjung dengan baik. Siapa yang mau dicuekin?? Ingat mengomentari bukan berarti menggurui, berikanlah komentar seperti memberikan solusi kepada orang lain. Perhatikan juga nilai SARA. 
Semua langkah diatas adalah kriteria SEO, Jadi intinya, bila anda ingin blog anda menerapkan SEO pada blog anda, jadikanlah blog anda profesional terlebih dahulu.

Selamat mencoba.

No comments